Sistem Imformasi Berbasis WEB

2
Memasuki era Globalisasi Mendatang, pemakaian teknologi komputer tidak dapat dipungkiri dari kehidupan sehari-hari dikarna kan zaman sekarang ini banyak orang yang memamfaatkan perkembangan teknologi imformasi.Bahkan perkembangan teknologi komputer itu juga dimamfaatkan untuk persaingan bisnis.Kemampuan komunikasi antara satu bidang dengan bidang lainnya di tempat yang berbeda (terpisah pada jarak yang jauh) merupakan salah satu ciri era globalisasi mendatang, Sedang tiang utama teknologi
komunikasi yang dimaksud adalah teknologi komputer, yaitu berupa peralatan-peralatan komputer dan aksesorinya, teknologi
‘networking’ antara peratalan-peralatan tersebut, dan akhirnya adalah perangkat lunak serta operator (tenaga manusia) yang menggunakan peralatan-peralatan tersebut. Beberapa hal yang dimiliki teknologi komputer sehingga masa depan sangat tergantung kepadanya adalah :

1.Kecepatan proses (kerja): Semakin besar atau semakin rumit sebuah sistem akansemakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menjalankannya (melakukan prosesproses didalamnya). Sedang perkembangan sebuah sistem, berarti penambahan faktor kerumitan/proses di dalamnya.

2.Kemampuan penyimpanan data yang sangat besar dan terjamin; Sebuah sistem yang besar dan semakin kompleks akan memiliki data-data dan arsip yang sangat besar. Jika digunakan cara penyimpanan konvensional yang menggunakankertas dan lemari-lemari akan memakan tempat dan sumber daya lain yang sangat besar pula.

3,Kemudahan pengaksesan dan pengelolaan data; Karena data disimpan dalam bentuk elektronis dan berbentuk sangat kecil, maka pengaksesan dan pengelolaan data menjadi sangat mudah, dan tidak merepotkan. Data dapat sangat mudah dikelompokkan, dicari, dan selanjutnya dimanfaatkan.
Dan sesuai dengan perkembangan teknologi imformasi saat ini, maka sistem akedemik sekarang ini telah banyak mengara ke sistem imformasi berbasasis Web.

Tujuan dari pembuatan sistem imformasi berbasis web :
1. Efisiensi media dan ruang yang digunakan untuk penyimpanan data/arsip sekolah. Efisiensi ini meliputi pengurangan jumlah kertas yang digunakan untuk pencatatan data-data sekolah, pengurangan ruangan untuk penyimpanan kertaskertas tersebut, pengurangan tenaga perawat kertas dan ruang tersebut, dan sebagainya.
2Meningkatkan kemampuan pengelolaan data akademik. Pengelolaan yang dimaksud meliputi kelengkapan data, kerincian data, keamanan data, kerahasiaan data, cara-cara pemasukan dan pengambilan data, dan sebagainya.
3.Menjamin ketelitian, kebenaran, hubungan dan kesesuaian data.
4.Kemudahan pengelolaan dan pemanfaatan data. Dengan penerapan SI khusus yang baik dan tepat, maka pengelolaan data-data akadmeik dapat menjadi sangat mudah tanpa harus meninggalkan faktor keamanannya.

Sistem yang berada dalam akedemik tersebut dinamakan Sistem Informasi Akademik, disingkat SIAKAD.
SIAKAD adalah sebuah sistem khusus untuk keperluan pengeloaan data-data Akademik dengan penerapan teknologi komputer baik ‘hardware’ maupun ‘software’. Yang dimaksud ‘hardware’ (perangkat keras) adalah peralatan-peralatan seperti komputer (PC Computer), Printer, CD ROM, HardDisk, dan sebagainya.
dan data-data yang dikelolah seperti : 
1.Data Mahasiswa
2. Data dosen
3. Data Mata Kuliah.
4. Data Nilai Akademik.
5. Data Wisudawan / Alumni
6. Data Keuangan

Bagian-bagian dari sistem tersebut terdiri dari  Administrator senagai yang mengetahui  sestem kerja secara keseluruhan dan bertanggung jawab atas semua sistem yang berjalan, Operator, orang yang sedang memakai komputer, Sistem jaringan, yaitu teknologi yang menyebabkan satu komputer dengan komputer lainnya (di Universitas yang sama maupun dengan Universitas lain), dapat saling berhubungan.dan Bagian administrasi, yaitu bagian sistem yang mengelola data-data administrasi.

Untuk menembangkan sistem Teknologi berbasis Web Tersebut diperlukan Hardware dan  Software yang mendukung sistem tersebut supaya dapt berjalan dengan baik. Peralatan Komputer tersebut adalah:
1.Yang paling utama adalah kompute karna komputer digunakan sebagai komputer server yang akan dipasang pada sistem tersebut seperti LINUX atau FREE BSD
2. Peralatan Jaringan Diperlukan Switch atau hub dan pengkabelan untuk menghubungkan antara satu
komputer dengan komputer lainnya. 
3. Software
Menggunakan Apache Web Server, dan database MYSQL
4. Koneksi Ke Internet untuk dedicated server.

Sumber :http://sms.unikom.ac.id/








2 komentar: