Teknologi Penerus Internet

0

Teknologi Penerus Internet
                                  
Cepat atau lambat jaringan Internet akan mencapai kapasitas meksimumnya sehingga tidak mungkin melayani trafik komunikasi data yang semakin besar. Jepang tengah menyiapkan riset untuk mengembangkan teknologi penggantinya seperti upaya yang juga telah dilakukan para peneliti di AS dan Eropa.
Yoshihiro Onishi, salah satu pejabat direksi di kementrian komunikasi Jepang mengatakan, Jepang akan mengambil peluang ini agar tetep dapat bersaing di dunia. Ia mengatakan teknologi jaringan penerus Internet diharapkan dapat diterapkan mulai tahun 2020. 
Salah satu faktor yang membuat Internet bisa berkembang begitu pesat adalah arsitekturnya yang terbuka dan fleksibel. Namun, hal itu pula yang menyebabkan informasi sampah bebas bertebaran khususnya dari para pengirim spam dan hacker bebas berkeliaran di dunia maya.
"Internet hampir mencapai limit, kami pikir penelitian terhadap teknologi seperti ini sangat dibutuhkan," ujar Onishi seperti dikutip AP. Langkah tersebut sejalan dengan sejumlah ilmuwan di dunia yang mulai menyadari bahwa jaringan yang benar-benar baru sangat dibutuhkan di saat kapasitas Internet sudah tak dapat ditingkatkan.
Jaringan baru nantinya mungkin berjalan paralel dengan jaringan Internet yang ada saat ini atau bahkan menggantikan seluruhnya. Salah satu riset juga diarahkan untuk melakukan evaluasi terhadap arsitektur yang saat ini dipakai. Selain itu, para ilmuwan tengah menjajaki teknologi agar jaringan membutuhkan energi lebih kecil.
Upaya yang dilakukan pemerintah Jepang akan didanai dari anggaran belanja tahun depan yang dimulai setiap 1 April. Jumlahnya sendiri belum diumumkan namun rencana riset akan ditetapkan mulai akhir tahun ini. Pemerintah Jepang akan membentuk organisasi khusus untuk menentukan program riset yang juga melibatkan peran swasta.
Onishi menyatakan kolaborasi dengan negara lain akan dipertimbangkan. Upaya serupa sebelumnya telah dilakukan AS dengan dukungan dana sepenuhnya dari Kogress. Teknologi jaringan masa depan sebagai penerus Internet diperkirakan akan siap antara 10 hingga 15 tahun lagi.





0 komentar: