Latar Belakang Dan Sejarah Jaringan

4
Mungkin kalau berbicara tentang jaringan kita sudah tidak asing lagi karna kita seirng menggunakan nya lewat internet. Tapi kalau sejarah nya mungkin anda belum tahu.Jaringan itu sebenarnya ditemukan lewat sebuah penelitian yang ada diAmerika Serikat pada tahun 1940-an tapi pada saat itu para imuwan masih bingun bagaimana cara untuk merancang system jaringan tersebut atau perangkat computer dan ditahun 1950-an kebutuhan permintaan computer mulai meningkat samapai-sampai ktika jenis computer mulai membesar samapai tercipta sebuah computer super, tapi itu tadi karna mulai mahal nya computer maka mulai banyak tuntutan sebuah computer mesti melayani beberapa terminal.
Lalu setelah itu para ilmuwan mulai berpikir untuk menciptakan sebuah jaringan supaya computer satu dapt terhubung dengan computer lain nya atau mulai muncul konsep distribusi yang berdasarkan waktu yang dikenal dengan sebutan TSS ( Time Sharing Systeam ) merupakan bentuk jaringan ( Network ) yang pertama kali computer diaplikasikan.
 Selanjutnya konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.

Dan Selanjutnya setelah ketika harga-harga computer kecil telah menurun dan konsep distribusi pula telah matang, otomatis penggunan computer dan jaringan nya sudah mulai proses bersama atau pun komunikasi atar computer yang diartikan sebagai ( Peer To Peer System ), penelitian ini terhubung tanpa ada computer pusat yang arti nya dalam komputer itu bisa menjadi Host maupun menjadi Client dan dari situ lah dimulai nya atau berkembangan nya teknologi tentang jaringan local yang kita ketahui dengan sebutan LAN ( Local Area Network ) dan disaat itu juga internet mulai berkembang dan mulai diperkenalkan kemasyarakat, oleh sebab itu LAN yang telah berdiri sendiri muali terhubung dan terbentuklah sbuah jaringan yang dapat mencakup dunia dengan kecepatan koneksi internet nya yang dinamakan dengan istilah WAN ( Word Area Network )







4 komentar:

  1. Tugasnya sudah saya periksa, thank's !

    BalasHapus
  2. Kebetulan sob saya lagi mengajar masalah jaringan komputer, jadi nambah ilmu lagi nih buat di share untuk siswa sekalian,,,,,

    BalasHapus