Makna Dari Suatu Kemerdekaan 17 Agustus 45

4
Wah... tidak dapat disangka dan dibayangkan kalau negara kita yaitu Indonesia raya ternyata sudah bebas dari penjajah selama 65 tahun lama nya, tapi suma itu saja yang disayangkan Indonesia belum bisa merdeka dari setiap Korupsi yang semakin meraja lelah dimuka bumi ini, Jadi di HUT negara Indonesia yang ke-65 ini marilah kita setiap warga negara Indonesia tetap menjunjung rasa Nasionalisme terhadap negara kita.




 Mungkin buat kita semua menganggap kalau Kemerdekaan itu tidak memiliki sebuah makna yang sangat lekat dengan warga Indonesia, apalagi dengan para Pahlawan yang berjuang sampai titik darah penghabisan untuk membuat suatu Kemerdekaan. Mungkin dari beberapa pihak menganggap kalau bulan  ini warga Indonesia mulai mempersiapkan untuk sebuah acara lomba dan banyak lagi. Tapi suatu Kemerdekaan memiliki suatu makna yang tidak bisa diungkapkan secara sepontan tapi mesti dapat dirasakan, karna kita tahu bagaimana Para Pahlawan yang telah lama wafat untuk memperjuangkan Suatu kebebasan dari setiap ingin menjajah Negara Indonesia, bahkan sampai titik darah penghabisan merekan pun tetap berjuang dan pada akhir nya kita yang sekarang merasakan Kemerdekaan tersebut mesti menghargai setiap perjuangan para pahlawan kita, jika anda bingung bagaimana cara untuk membalas setiap perjuang Para pahlawan kita kepada Negara Indonesia, kita mesti sungguh-sungguh untuk menuntut ilmu supaya suatu saat nanti negara kita tidak dijajah oleh negara asing lagi.


Dan Proklamasi Kemerdekaan yang dikumandangkan oleh seorang yang sangat berjasa buat negara Republik Indonesia siapa lagi kalau tidak Soekarno – Hatta dan banyak lagi para Pahlawan yang berjuang. memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah menyatakan kepada dunia luar (bangsa-bangsa yang ada di dunia) maupun kepada bangsa Indonesia sendiri bahwa sejak saat itu sampai selama-lama nya Bangsa Indonesia telah merdeka. Pernyataan kepada dunia luar juga untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu sudah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara- negara lain secara layak sebagai bangsa dan negara yang mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat serta hak dan kewajiban yang sama dengan bangsa-bangsa lain yang sudah merdeka dalam pergaulan antar bangsa di dalam hubungan internasional.


Dan detik-detikProklamasi juga jangan dilupakan karna, Perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung pukul 02.00 - 04.00 dini hari. Teks proklamasi ditulis di ruang makan di laksamana Tadashi Maeda jln Imam Bonjol No 1. Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri. Di ruang depan, hadir B.M Diah Sayuti Melik, Sukarni dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti melik. Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10:00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh seorang Ibu negara pertama dan yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar sebagai pendamping kepala negara siapa lagi kalau tidak bu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil walikota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.

Dan pesan-pesan saya ya itu tadi tetap kita harus memiliki rasa Nasionalisme yang tinggi terhadap NKRI supya jangan terjadi untuk kedua kali nya Indonesia dijajah lagi oleh negara asing. Terutama buat generasi muda tetap cintai setiap keunikan dan keaneka ragaman indonesia, supaya budaya kita tidak dapat diambil oleh negara lain. Yang pasti nya saya mengucapkan kepada setiap warga Indonesia 
MERDEKA... MERDEKA... MERDEKA... MERDEKA... MERDEKA... MERDEKA... MERDEKA







4 komentar: