Incredible Arsenal

0
Bermain Spartan, penuh semangat tinggi dan tanpa kenal lelah, Arsenal mampu membalikan keadaan setelah sempat tertinggal 0-1. The Gunners akhirnya unggul 2-1 pada laga babak 16 besar leg pertama di Emirates Stadium. Tempo cepat diperagakan kedua tim dari menit awal babak pertama. Arsenal tidak mau kalah set dan langsung melakukan tekanan ke pertahanan Barcelona. Robin van Persie membuka peluang di menit lima. Mendapat umpan lob Cesc Fabregas, tendangan Persie ternyata mampu diblok kiper Victor Valdes.



Tak mau ketinggalan, Barca langsung membalas dengan peluang dari Lionel Messi. Meneruskan umpan dari David Villa, Messi dengan cerdik men-chip bola, tapi bola hanya melintas tipis di tiang gawang Wojciech Szczesny.

Sebuah serangan balik cepat diperagakan Arsenal dengan dirancang oleh Theo Walcott dan Fabregas. Sayang, umpan silang Cesc yang mengarah ke van Persie, masih bisa dipotong Maxwell.

Gol akhirnya tercipta di menit 26. Barcelona sukses memecah kebuntuan melalui aksi David Villa. Diawali pergerakan Messi, umpan daerah dilepaskan Messi kepada Villa. Dengan tenang Villa melepaskan tendangan mendatar mengecoh Szczesny.

Arsenal punya kesempatan membalas kedudukan. Serangan cepat dari Jack Wilshere dilanjutkan umpan kepada Persie. Namun bola tendangan Persie masih gagal menemui sasaran.

Messi sempat mencetak gol di menit 37. Memanfaatkan kemelut dari aksi Pedro Rodriguez, Messi menyundul untuk memasukan bola. Namun, pemain asal Argentina ini lebih dulu terjebak off-side.

Shooting Jack Wilshere membuka peluang The Gunners mencetak gol di menit awal babak kedua. Hanya tendangan pemain muda Inggris ini masih tepat dipelukan kiper Valdes.

Van Persie kembali mendapatkan peluang di menit 64. Hanya ruang tembak tipis membuat tendangannya dengan mudah ditangkap Valdes. Tiga menit kemudian, aksi Messi nyaris menggandakan keunggulan Barca, bila tendangannya yang sudah berhadapan dengan kiper tidak menyamping gawang.

Publik Emirates akhirnya bersorak di menit 78 setelah Robin van Persie menjebol gawang Valdes. Umpan terobosan Gael Clichy kepada Persie membuka ruang sempit. Dengan cerdik, striker asal Belanda tersebut melepaskan tendangan keras kaki kiri, menembus sudut sempit antara tiang gawang dan Valdes.

Euphoria Emirates terus berlanjut di menit 83. Sebuah skema serangan balik sempurna diperagakan pasukan Arsene Wenger ini. Fabregas memberikan umpan kepada Samir Nasri yang bebas di sektor kiri pertahanan Barca. Nasri masih mampu mencari kawan dan menyodorkan bola kepada Andrei Arshavin yang tanpa kawalan. Tendangan pelan namun terarah dilepaskan Arshavin untuk membalikan keadaan menjadi 2-1.

Tertinggal, Barcelona langsung mengerahkan kemampuan penuh untuk menekan pertahanan lawan. Peluang yang didapatkan Messi dan Daniel Alves tidak berujung gol kendati merepotkan pertahanan Arsenal.

Wasit Nicola Rizzoli akhirnya meniupkan peluit panjang tanda laga usai dan langsung disambut oleh publik stadion. Kemenangan 2-1 ini menjadi modal The Gunners untukk menyambangi markas Barcelona di Camp Nou, Maret mendatang.

0 komentar: