Hardware pada Jaringan Komputer

7
Bukan hanya dalam PC kita mengenal perangkat keras, Didalam Jaringan Komputer juga kita kenal bahwa terdapat Perangkat Keras yang berperan sangat penting dalam berjalan dan berfungsinya Jaringan Tersebut baik dari segi Kabel maupun Hardware tanpa kabel atau nirkabel, dan juga kita membutuhkan yang namanya perankat Wi-Fi, Ethernet card, hub atau switch, repeator, bridge atau router, dan lain sebagainya. Berikut Beberapa macam jenis hardware pada jaringan komputer.
1.  File Servers
Sebuah  file  server merupakan  jantungnya kebayakan  Jaringan, merupakan komputer  yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas  besar,  dengan  kartu  jaringan  yang  cepat.  Sistem  operasi  jaringan  tersimpan  disini, juga  termasuk  didalamnya  beberapa  aplikasi  dan  data  yang  dibutuhkan  untuk jaringan.



2.  Workstations
Keseluruhan komputer yang  terhubung ke  file server dalam  jaringan disebut sebagai workstation.  Sebuah  workstation  minimal  mempunyai  ;  Kartu  jaringan,  Aplikasi jaringan  (sofware  jaringan),  kabel  untuk  menghubungkan  ke  jaringan,  biasanya sebuah  workstation  tidak  begitu  membutuhkan  Floppy  karena  data  yang  ingin  di simpan bisa dan dapat diletakkan di  file server. Hampir semua  jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation.


3.  Network Interface Cards (NIC)..

          Kartu  Jaringan  (NIC)  merupakan  perangkat  yang  menyediakan  media  untuk menghubungkan  antara  komputer,  kebanyakan  kartu  jaringan  adalah  kartu  inernal, yaitu kartu  jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Beberapa komputer  seperti  komputer  MAC,  menggunakan  sebuah  kotak  khusus  yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot  untuk  kartu  jaringan  yang  biasa  disebut  PCMCIA  slot.



4.  Modem Card
 

Modem merupakan  kependekan  dari Modulation  demodulation. Alat  ini  digunakan untuk  merubah  sinyal  analog  menjadi  digital  dan  sebaliknya.  misalnya  untuk menghubungkan  antara  dua  komputer  melalui  dial-up  dengan  menggunakan  line telepon dalam mengakses data melalui  jaringan atau  internet. Dengan alat  ini  rumah yang tekoneksi jaringan telepon dapat juga menikmati akses internet.



5.  Kabel Twisted Pair
Kabel  Twisted  Pair  ini  terbagi  menjadi  dua  jenis  yaitu  shielded  dan  unshielded. Shielded  adalah  jenis  kabel  yang  memiliki  selubung  pembungkus  sedangkan unshielded tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini menggunakan  konektor  RJ-11  atau  RJ-45.  Pada  twisted  pair  (10  BaseT)  network, komputer disusun membentuk suatu pola star. Setiap PC memiliki satu kabel  twisted pair  yang  tersentral  pada  HUB.  Twisted  pair  umumnya  lebih  handal  (reliable) dibandingkan  dengan  thin  coax  karenaHUB  mempunyai  kemampuan  data  error correction dan meningkatkan kecepatan  transmisi. Saat  ini ada beberapa grade,  atau kategori dari kabel  twisted pair. Kategori 5 adalah yang paling reliable dan memiliki kompabilitas  yang  tinggi,  dan  yang  paling  disarankan.  Berjalan  baik  pada  10Mbps dan  Fast  Ethernet  (100Mbps).  Kabel  kategori  5  dapat  dibuat  straight-through  atau crossed.


6.  Kabel Fiber Optik
Jaringan  yang  menggunakan  Fiber  Optic  (FO)  biasanya  perusahaan  besar, dikarenakan harga dan proses pemasangannya  lebih sulit. Namun demikian,  jaringan yang  menggunakan  FO  dari  segi  kehandalan  dan  kecepatan  tidak  diragukan. Kecepatan pengiriman data dengan media FO lebih dari 100Mbps dan bebas pengaruh lingkungan.

7.  Hub/Konsentrator
Sebuah  Konsentrator/Hub  adalah  sebuah  perangkat  yang  menyatukan  kabel-kabel network  dari  tiap-tiap  workstation,  server  atau  perangkat  lain.  Dalam  topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju.

8.  Repeaters
Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang dengan  menggunakan  kabel  unshielded  twisted  pair.  Dimana  diketahui  panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded  twisted pair adalah 100 meter, maka untuk menguatkan  sinyal  dari  kabel  tersebut  dipasanglah  sebuah  repeater  pada  jaringan tersebut.

9.  Bridges / Jembatan
Adalah  sebuah  perangkat  yang  membagi  satu  buah  jaringan  kedalam  dua  buah jaringan,  ini  digunakan  untuk  mendapatkan  jaringan  yang  efisien,  dimana  kadang pertumbuhan  network  sangat  cepat  makanya  di  perlukan  jembatan  untuk  itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing  alamat dari  tiap-tiap  segmen komputer  pada  jaringan  sebelahnya  dan  juga  pada  jaringan  yang  lain  di  sebelahnya pula.  Diibaratkan  bahwa  Bridges  ini  seperti  polisi  lalu  lintas  yang  mengatur  di persimpangan  jalan pada  saat  jam-jam  sibuk.

10. Routers
Sebuah Router mengartikan  informaari  dari  satu  jaringan  ke  jaringan  yang  lain,  dia hampir  sama  dengan  Bridge  namun  agak  pintar  sedikit,  router  akan  mencari  jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal. Sementara Bridges dapat mengetahui  alamat masing-masing komputer  di  masing-masing  sisi  jaringan,  router  mengetahui  alamat  komputer, bridges dan router lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk  tersebut sampai sisi tersebut bersih.

7 komentar:

  1. Blog walking nie...
    ditunggu kunjungan dan komentar pada postingannya..


    salam "Wirausaha"

    BalasHapus
  2. blogwalking nih gan

    d tunggu kunjungan balik nya
    :D

    BalasHapus
  3. info yang sangat bermanfaat ni gan
    sudah follow dan di tunggu komet baliknya

    BalasHapus
  4. ok makasih semua nya udah komentar d blog aku

    :D

    BalasHapus